dunia kerja

Do’s and Don’ts dalam Dunia Kerja untuk Kamu Si Fresh Graduate

Masa transisi dari bangku kuliah atau sekolah ke dunia kerja memang kerap membuat gugup. Kalau kamu merasakan hal tersebut, tenang saja. Kamu gak sendiri, kok. Biasanya rasa gugup ini datang disertai kekhawatiran. Seperti, apa yang harus dilakukan saat pertama kali masuk dunia kerja, sikap seperti apa yang patut ditunjukkan, bagaimana beradaptasi di lingkungan kantor, dan lain sebagainya. Agar tidak salah langkah, kali ini MNP mau bagi-bagi tips yang bisa dipraktikkan untuk membantumu. Yuk, simak. 

Do’s and Don’ts Fresh Graduate dalam Dunia Kerja

Ini dia berbagai hal yang perlu kamu pikirkan dan perhatikan

1. Jangan Anggap Pekerjaan Sebagai Ajang Kompetisi dengan Orang Lain 

Setiap orang berjuang untuk hidupnya, begitu juga kamu. Itu sebabnya memiliki pekerjaan menjadi suatu hal yang penting. Bekerjalah dengan hati dan bukan untuk tujuan mengalahkan orang lain. Tujuan bekerja seperti itu tentu saja merupakan prinsip yang salah dan dapat merugikan diri sendiri. Jangan memiliki niat menjatuhkan orang lain, fokuslah pada apa yang harus kamu kerjakan dan andalkan potensi diri. Dengan begini, memasuki dunia kerja akan terasa lebih ringan dan menyenangkan untuk dijalani. 

2. Bekerja untuk Memperoleh Pengalaman dan Koneksi

Bagi teman-teman yang baru lulus, mungkin akan terasa sulit memperoleh pekerjaan dengan gaji besar. Untuk meraih hal tersebut, kamu tentunya membutuhkan pengalaman dan jam terbang. Itu sebabnya prinsip yang harus dimiliki saat pertama kali mencari kerja adalah memperoleh pengalaman, pengetahuan, serta koneksi. Pengalaman menciptakan skill, yang akan bermanfaat untuk membantu kamu melebarkan sayap di dunia kerja. Lalu, koneksi bisa bermanfaat bagi kamu di masa mendatang, terlebih bila tertarik membuka bisnis sendiri.

3. Dalam Dunia Kerja Jangan Mengambil Hati Atasan dengan Menjatuhkan Orang Lain

Menjadi hal yang wajar bila kita ingin dilihat baik oleh atasan. Tentunya semua karyawan ingin merasakan hal tersebut. Namun, berusaha menarik atasan dengan memanfaatkan kelemahan orang lain tentunya bukan suatu hal yang bijak. Lakukan apa yang harus dikerjakan dengan maksimal, dan berinisiatif saat memang diperlukan akan sangat membantu atasanmu. Dengan begini, kamu bisa menyenangkan atasanmu tanpa perlu melukai siapapun.

4. Tidak Bekerja Berlebihan Hingga Lembur Agar Terlihat Baik

Mungkin kamu pernah mendengar beberapa orang di luar sana memiliki kebiasaan gila kerja. Bahkan mereka bekerja hingga larut malam, saat sebetulnya sudah diperbolehkan pulang beberapa jam sebelumnya. Bekerja berlebihan bukanlah ide yang baik. Jika memaksakan diri, pekerjaan pun selesai dengan kualitas yang tidak maksimal. Kuncinya adalah mengatur waktu dengan baik, dan perhatikan deadline pengumpulan. Bijaklah untuk tahu kapan waktunya bekerja dan beristirahat. Otak dan tubuh juga merupakan hal yang penting untuk kamu perhatikan.

5. Saat Masuk Dunia Kerja Gunakan Jam Istirahat Sebaik Mungkin

Saat waktu istirahat tiba, jangan lewatkan jam makan siang. Selain tidak baik untuk kesehatan, melewatkan jam makan siang terlalu sering untuk terus bekerja akan membuat kamu lebih mudah stress. Jam makan siang ini juga bisa membantu otak kamu untuk sedikit beristirahat. Terlebih bagi kamu yang sering bekerja di depan monitor, mata juga pasti mengalami rasa lelah. Perhatikan hal ini agar tubuh tetap sehat.

Nah, semoga artikel kali ini membantu, ya. Cek juga berbagai artikel menarik lainnya yang bisa kamu akses melalui website MNP. Temukan berbagai informasi dan tips bermanfaat di menu News dan Feature. Kita bahas apa lagi ya sesudah ini? Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Menu