Melalui Pengembangan Soft Skill, Mahasiswa MNP dilatih untuk Jadi Profesional

Institusi pendidikan tinggi bukan hanya sekadar berfungsi sebagai tempat bagi mahasiswa untuk belajar konseptual. Salah satu aspek yang menjadi nilai tambah ketika menimba ilmu di kampus adalah untuk bersaing dan membangun koneksi di pasar profesional. Hal ini disadari betul oleh Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) dalam mengembangkan profil lulusan agar siap terjun di dunia profesional.

Melalui program Profesional Development Journey, MNP ingin setiap kegiatan pengembangan soft skill berdampak agar peserta memiliki sifat kepemimpinan yang baik. Program kali ini merupakan bagian dari rangkaian sesi yang kedua kalinya diselenggarakan dengan tema “Who Am I”. Sesi ini diselenggarakan pada Sabtu, 6 Mei 2023 selama sehari penuh dan akan dilanjutkan sesi selanjutnya pada 20 Mei 2023.

Metode Phototherapy Mengakselarasi Mahasiswa untuk Jadi Profesional

Sesi “Who Am I” merupakan hasil implementasi kerja sama yang dilakukan antara MNP dan PT. Esensi Mitra Solusi, konsultan psikologi dan pengembangan sumber daya manusia. Salah satu metode yang digunakan adalah metode Point of You atau lebih dikenal sebagai Phototherapy. Metode ini diinisiasi oleh Efrat dan Yaron, yang berprofesi sebagai psikolog dan fotografer kelas dunia. Tujuannya adalah membantu orang menemukan apa yang ada di pikirannya. Ada 3 dari 5 tools yang diimplementasikan kali ini, yakni faces untuk emosi manusia, punctum, & the coaching game.

Ani Fegda selaku Direktur Esensi Mitra Solusi yang juga menjadi fasilitator, mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk membawa para mahasiswa mengenali dirinya, mengenali kekuatan dan kelemahannya. Mau ke mana sebenarnya mereka di masa depan. Mahasiswa juga diajak untuk mempunya idol, sampai mereka bisa membayangkan bagaimana masa depannya sampai dia bisa bicara dengan dia yang sekarang. 

“Cari tahulah tentang dirimu! Who am I? Kegagalan adalah sesuatu yang pasti pernah dan akan kita alami. Kalau kamu udah tau tentang dirimu, kamu akan lebih yakin bahwa kamu akan bangkit karena sudah tau caranya. Mengenali dirimu sendiri dan berani menetapkan masa depanmu,” ujar Ani.

Ani menambahkan, ia merasa bersyukur sekali bisa berada di MNP dan bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa yang luar biasa. MNP memiliki pandangan bahwa para mahasiswa yang akan menjadi lulusan bukan hanya bisa kerja, tetapi juga punya mental profesional. Mereka disiapkan untuk berani menghadapi masyarakat dan pasar sebagai profesional.

“Jadi kami bikin satu program pengembangan profesionalisme, di mana itu ada rangkaian tema. Ini adalah tema kedua. Tujuannya untuk membawa nanti lulusan dari MNP siap berperan dalam masyarakat secara profesional. Dan tentunya kami berharap membangun kesejahteraan untuk orang-orang yang hidup di bidang ini dan keluarganya,” tambah Ani.

Temukan berbagai artikel menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan pada menu News dan Feature MNP.

Menu