one day workshop

One Day Workshop bersama MNP: Pengelola UMKM Harus Serba Bisa

Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) bekerja sama dengan Estu Sae menyelenggarakan One Day Workshop untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Workshop bertemakan “Apa Aja Bisa bareng MNP” ini diadakan pada Kamis (13/4) di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang. Sebanyak 35 peserta dari 22 UMKM se-Jabodetabek mengikuti empat sesi workshop dengan topik-topik yang menarik dan dapat langsung diaplikasikan.

Kegiatan yang juga didukung oleh Ginee, DQ Lab, dan Apindo Garut ini diikuti dengan antusias oleh peserta mulai pukul 9 pagi hingga menjelang waktu berbuka puasa. Roy Anthonius Susanto selaku Direktur MNP turut membuka workshop sehari ini dengan sambutannya.

“Selamat datang di kampus kami. Senang sekali bisa bertemu dengan UMKM secara langsung sehingga kami bisa memberikan pengetahuan sekaligus mendapatkan insight dari teman-teman UMKM. Dosen-dosen di sini yang nanti akan menjadi mentor, bukan bermaksud untuk mengajari bapak/ibu. Namun kita akan sama-sama belajar supaya bisa memaksimalkan potensi UMKM agar bisa upscaling & rescaling,” ujar Roy.

Empat Sesi Menarik dalam One Day Workshop bersama Para Pengelola UMKM  

Pada sesi pembuka, peserta diberikan pengetahuan mengenai pameran dengan topik “Anti Bingung Saat Ikut Pameran.” Sesi ini dibawakan oleh Eko Prabowo yang didampingi oleh Rangga Anggara dan Liza Khairunnisa sebagai Dosen Program Studi Event Management. Beberapa tips untuk para UMKM dalam pameran ini adalah adalah melakukan riset tren pasar terlebih dahulu, mengecek harga dan stand kompetitor saat pameran, hingga membuat check-list agar persiapan pameran lebih matang.

Sesi yang kedua diisi oleh tim Dosen Program Studi E-Commerce Logistics. Topik yang dibawakan oleh Cindy Malinda dan Chelsia Pranindyasari ini bertajuk “Tips Mengurus Stok Barang di Era Digital.” Peserta diajak untuk belajar mengelola persediaan barang yang disesuaikan dengan kategori dan jumlah produk melalui Microsoft Excel. Materi ini dirasa pas karena salah satu permasalahan yang paling sering dihadapi pelaku UMKM adalah pendataan stok, kurangnya SDM, dan produk yang kurang up-to-date.

Sesi selanjutnya dibawakan oleh Rifa Siti Muthia selaku founder Estu Sae dengan topik “Produktivitas Penjualan Penting lho!” Rifa mengajak para peserta meningkatkan efektivitas penjualan produk menggunakan customer sebagai informasi pengembangan produk. Produktivitas penjualan juga bisa ditingkatkan melalui persona canvass. Dengan begitu, UMKM bisa mengetahui kebutuhan yang sesungguhnya dari customer maupun prospeknya, sehingga bisa menghubungkan kebutuhan tersebut dengan pengembangan produk.

Terakhir, peserta diberikan sesi dari Dosen Program Studi Animasi yang dibawakan oleh Siti Rahmadini. Para pemilik dan karyawan dari UMKM diajak untuk dapat melakukan aktivitas branding melalui pembuatan konten video. Mereka diberikan pengetahuan sekaligus praktik mengenai dasar dan pengembangan desain, hingga tips untuk mengunggah konten ke media sosial agar lebih menarik perhatian target audiensnya.

One Day Workshop Diakhiri Dengan Kegiatan Buka Puasa Bersama

Workshop sehari ini diakhiri dengan kegiatan buka puasa bersama antara tim manajemen MNP, para peserta workshop, dosen-dosen program studi, tim Estu Sae, dan perwakilan dari sponsor. Para peserta berharap, padatnya ilmu yang telah didapatkan dapat diimplementasikan langsung untuk meningkatkan penjualan produknya. Workshop Apa Aja Bisa bareng MNP merupakan serial yang nantinya akan diselenggarakan kembali dengan topik-topik yang bisa membawa banyak manfaat bagi UMKM.

Wah, menarik sekali ya teman? Kamu juga bisa mengikuti  berbagai kegiatan menarik  lainnya, lho. Langsung aja ikuti media sosial kami di @multimedianusantarapolytechnic untuk Instagram, dan @lifeatmnp untuk TikTok. Untuk berbagai informasi dan artikel menarik lainnya kamu bisa mengunjungi menu News dan Feature website resmi kami di sini. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 

Menu