Teknologi Pembelajaran Vokasi, Menguatkan SDM & Fasilitas Politeknik untuk Memenuhi Kebutuhan Industri

Institusi pendidikan vokasi menjadi organisasi yang harus peka akan perkembangan teknologi. Ini terjadi karena pendidikan vokasi merupakan model pendidikan yang paling dekat dengan industri dan harus selalu mengikuti dinamika penerapan teknologinya. Pada proses pembelajaran, perguruan tinggi vokasi, khususnya politeknik perlu menghadirkan teknologi yang mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa.

Kunjungan Ke Politeknik ATMI Cikarang

Untuk peneyelarasan, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) melakukan studi banding ke Politeknik Manufaktur Astra dan Politeknik ATMI Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tim MNP yang terdiri dari jajaran Direksi didampingi oleh Kepala Program Studi dan Kepala Biro, terlebih dahulu tiba di Politeknik ATMI Cikarang.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian profil dari ATMI Cikarang dan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang membahas mengenai beberapa hal salah satunya yaitu mengenai pendampingan menyeluruh oleh dosen kepada seluruh mahasiswa. Melihat dari sistem seleksi ATMI yang tidak mudah dan terdiri dari beberapa tahapan, ATMI selalu ingin mempertahankan kualitas lulusan sesuai dengan standar industri.

Hal menarik lainnya pada kegiatan di ATMI adalah ketika menjalani agenda berkeliling kampus. Tempat yang dikunjungi antara lain gedung kampus, pabrik praktik, dan dormitory. Mahasiswa tahun pertama ATMI wajib tinggal di dormitory dan mengikuti kegiatan yang ada. Hal ini dilakukan untuk membangun soft skill setiap mahasiswa sehingga siap untuk menghadapi dunia industri. Setelah itu, MNP dan ATMI mengikat kerja sama di bidang tri dharma perguruan tinggi dan pertukaran teknologi melalui penandatanganan nota kesepahaman.

Kunjungan Ke Politeknik Astra

Kampus politeknik kedua yang dikunjungi oleh Tim MNP adalah Politeknik Manufaktur ASTRA yang biasa disebut sebagai ASTRATECH. Politeknik Astra memiliki gedung baru yang baru saja diresmikan pada Mei 2023, sebelumnya kampus mereka berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kegiatan di Politeknik Astra dimulai dengan pengenalan tentang Politeknik Astra oleh sekretariat institusi. Setelah itu, rombongan diajak untuk campus tour ke seluruh area di gedung kampus dan dormitory. Hal yang menarik adalah bangunan kampus Politeknik Astra dan kampus MNP mempunyai gaya desain industrial yang mirip menggunakan double skin, karena ternyata digawangi oleh arsitek yang sama.

MNP belajar banyak hal dari kedua kampus politeknik tersebut. Bukan hanya dari sistem pengelolaan kampus, tetapi juga bagaimana menyiapkan mahasiswa sebagai profesional masa depan. Karena selain kebutuhan akan pengembangan teknologi, industri juga memerlukan SDM yang mumpuni. Politeknik menjadi tumpuan harapan karena memang beorientasi pada kebutuhan industri, mulai dari pembelajaran praktik hingga kompetensi lulusannya.

Temukan berbagai informasi seputar MNP lainnya di menu News dan Feature webiste MNP. Kamu juga bisa mengikuti sosial media kami lainnya di @multimedianusantarapolytechnic untuk Instagram dan @lifeatmnp untuk TikTok.

Menu